Hello Kitty diciptakan oleh perancang dari Sanrio yang bernama Shimizu
Ikuko pada tahun 1974 yang merupakan tahun kelahiran resmi
Hello Kitty. Penjualan barang-barang Hello Kitty baru dimulai pada bulan Maret 1975. Barang Hello
Kitty pertama dipasarkan berupa dompet kecil yang disebut Puchi Purse dengan harga 240 yen. Perusahaan Sanrio
bahkan tidak lagi memiliki dompet Puchi
Purse sampai mendapat sumbangan
sebuah dompet Puchi Purse dari seorang kolektor yang sekarang
dipamerkan di kantor perusahaan. Dompet Puchi
Purse kemudian dibuat replikanya
dan dijual sebagai barang dalam jumlah terbatas.
Karakter dalam barang Hello Kitty dari tahun 1974 sampai tahun 1975 belum
diberi nama. Pada dompet Puchi
Purse yang merupakan produk
pertama hanya tertulis kata "Hello!" (tanpa tulisan
"Kitty"). Pada awalnya orang Jepang mengenal karakter Kitty White
sebagai "kucing putih tidak bernama," sampai akhirnya perusahaan
memberi nama "Kitty" yang diambil dari nama kucing berbulu putih yang
tampil dalam cerita Alice di Negeri Kaca (Through the Looking-Glass) oleh Lewis
Carroll. Pada mulanya Kitty White tidak memiliki nama keluarga atau nama
keluarganya tidak diumumkan, "White" sebagai nama keluarga baru
ditambahkan di kemudian hari.
Pada produk-produk awalnya, Kitty selalu digambarkan sedang duduk dan baru pada tahun 1977 Kitty digambarkan berdiri.
Pada tahun 1996, Hello Kitty
kembali menjadi populer secara mendadak di kalangan siswa putri sekolah
menengah pertama dan sekolah menengah berkat penyanyi Jepang yang populer pada
saat itu Kahara Tomomi mengaku sebagai penggemar berat Hello
Kitty dalam salah satu acara televisi.
Di Jepang, kepopuleran Hello Kitty mencapai titik paling rendah di sekitar
tahun 1980-an. Pada tahun 1980, Yonekubo Setsuko yang merupakan desainer generasi kedua digantikan oleh
Yamaguchi Yūko yang masih memegang posisi desainer hingga sekarang. Penampilan
karakter Kitty selalu diperbarui setiap tahun, bahkan penampilan Kitty
berbeda-beda setiap pergantian musim. Perusahan juga mengubah target pemasaran
dan melakukan berbagai macam inovasi agar angka penjualan yang tinggi dapat
dipertahankan.
Penelitian mengenai kembalinya kepopuleran Hello Kitty di Jepang pada tahun 1996 belum pernah dilakukan orang, sehingga
mungkin saja Hello Kitty kembali populer berkat jasa Kahara Tomomi atau mungkin juga Hello Kitty sudah
lebih dulu populer tapi beritanya tidak diangkat oleh media massa. Dalam
pernyataannya pada tahun 1997, direktur perusahaan Sanrio pernah mengakui bahwa
Hello Kitty kembali populer di Jepang berkat Kahara Tomomi.
Pada tahun 2004, Kitty menjabat
sebagai "teman khusus anak-anak" di UNICEF hingga tanggal 1 November 2004). Selain itu,
Kitty juga pernah dua kali menjabat sebagai duta UNICEF, pertama pada tahun 1983 (UNICEF America Junior Ambassador) dan
yang kedua kalinya di Jepang pada tahun 1994.
Di Amerika Serikat, Hello Kitty menjadi populer pada akhir tahun 1990-an
berkat beberapa orang selebritis seperti Mariah
Carey yang menggunakan Hello
Kitty sebagai gaya busana. Hello Kitty juga pernah menjadi maskot iklan untuk
pasar swalayan Target. Ricky
Martin, Cameron
Diaz, Heidi Klum, Steven
Tyler, Carmen
Electra, Mandy Moore, Raven-Symoné,
hingga Paris
Hilton dan Nicky
Hilton semuanya pernah
terlihat menggunakan barang-barang Hello Kitty. Penyanyi Lisa Loeb merupakan penggemar berat Hello Kitty
hingga salah satu albumnya diberi nama Hello Lisa yang dipersembahkan kepada Hello
Kitty.
(sumber : Hello Kitty-Wikipedia)
(sumber : Hello Kitty-Wikipedia)
0 comments:
Post a Comment